Pelatihan Pramusaji Montigo Resort Nongsa Hote Batam

Penulis

  • Idham Wibawa Akpar NHI
  • Ilham Fajri Akademi Pariwisata NHI Bandung
  • Ilusyana Angkasawati Putri

Kata Kunci:

Pelatihan, Pramusaji, Restoran

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelatihan pramusaji yang terdapat di Montigo Resort Nongsa Hotel Batam. Pelatihan merupakan hal yang perlu dilakukan bagi pramusaji di restoran, baik itu pramusaji baru atau yang sudah lama bekerja pada restoran tersebut. Pelatihan memberikan suatu standar yang harus di ikuti oleh semua peserta. Dalam pelatihan ada beberapa dasar yang harus dilakukan agar pelatihan itu berjalan sesuai dengan kebutuhan dan bisa berjalan secara efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang diolah melalui kuesioner sebagai alat pengumpul data. Populasi pada penelitian ini merupakan karyawan yang bekerja sebagai pramusaji di hotel dengan jumlah responden sebanyak 18 orang melalui teknik sampel purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, kuisioner, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pelatihan pramusaji yang dilakukan masih belum optimal atau dapat dinyatakan kurang karena masih banyak pramusaji yang belum mengikuti pelatihan. Beberapa hal tersebut yang pada akhirnya mengakibatkan pelatihan pramusaji di Hotel Montigo Resort Nongsa Batam tidak dapat berjalan dengan seharusnya yang pada akhirnya sesuai dengan hasil observasi kepada para tamu yang menginap dimana rata-rata tamu yang menginap belum puas dengan pelayanan yang di berikan oleh pramusaji di Hotel Montigo Resort Nongsa Batam.

Kata kunci: Pelatihan, Pramusaji, Restoran

Referensi

Arief Yahya, penyumbangdevisa negara terbesar. Dalam https://republika.co.id/berita/pzg16u383/arief-yahya-pariwisata-akan-jadi-penyumbang-devisa-terbesar Di Akses pada 16 Oktober 2019.

Arbi, Armien Syukur, 20009. Modul 1 Pengenalan Evaluasi Sensori. Universitas Terbuka. Dalam hhtp://repository.ut.ac.id>PANG4427-MI. Diakses pada 20 September 2019.

Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Allen, 2007. The Measurement And Antecedent Of Affective. Journal of Occupational Psychology, 63, 1-18.

Carter, W.K. 2009. Akutansi Biaya “Cost Accounting”. Jakarta : Salemba Empat.

Djaali, 2008, Skala Likkert. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Entjang, 2003, Mikro Biologi dan Parasitologi Tenaga Kesehatan. Jakarta : PT. Cipta Aditya Bakti.

Sunyoto, 2012, Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Hubeis, 2011. Pangan Manajemen Mutu dan Industri. https://cyberpustaka.wordpress.com/nomor-dan-volume/76-2./. Diakses pada 20 september 2019.

Nazir M, 2005. Metode Penelitian. Jakarta Ghalia Indonesia

Pandit S, 2008. Optimalkan Distribusi Hasil Pangan. hhtp//:www.balipost.co.id. Diakses pada 20 september 2019

Pratowo A, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Salimah, 2009. Money Bag. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Samadi, 2016. Usaha Tani Bawang Putih. Yogyakarta : Kaninus

Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif : Proposal dan Laporan Penelitian. Bandung : Al-Fabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-02

Cara Mengutip

Wibawa, I., Fajri, I. ., & Putri, I. A. . (2023). Pelatihan Pramusaji Montigo Resort Nongsa Hote Batam . JURNAL PARIWISATA VOKASI, 3(2), 79–92. Diambil dari https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/30