PEMBUATAN CARICA FRUIT LEATHER DENGAN SUHU PENGERINGAN YANG BERBEDA

Penulis

  • Akmal Sugiyarto Akademi Pariwisata NHI Bandung
  • Ilham Fajri Akademi Pariwisata NHI Bandung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suhu yang tepat dalam pembuatan fruit leather buah carica yang akan menghasilkan hasil uji organoleptic yang terbaik dan banyak disukai panelis dan juga sebagai penganekaragaman pangan berbahan dasar buah carica dapat meminimalisir nilai loss pasca panen raya dengan cara mengolahnya menjadi fruit leather dapat meningkatkan nilai ekonomis dari buah carica tersebut dan juga untuk mengetahui penerimaan produk carica fruit leather terhadap wisatawan yang berkunjung ke daerah wisata dieng maupun warga masyarakat dieng. Metode pengumpulan yang dilakukan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara eksperimen produk, penyebaran kuesioner, observasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan skala hedonik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa panelis professional lebih menyukai carica fruit leather dengan suhu 70oC. Sama halnya dengan panelis professional, pada panelis konsumen carica fruit leather dengan suhu 70oC lebih unggul dengan kriteria Aroma buah carica, Rasa manis dan sedikit asam, Warna kuning agak kecoklatan dan Tekstur agak kasar, tipis & elastis; kemudian harga jual yang penulis dapatkan dengan profit sebesar Rp.212.050,- adalah sebesar Rp.899.540,-per 100 pcs,maka harga jual carica fruit leather per satuan pc-nya adalah Rp. 8.955,-; dan penerimaan produk carica fruit leather termasuk kedalam kategori “Diterima”. Masalah dalam penelitian: 1) Bagaimana citarasa dari fruit leather berbahan dasar dari buah carica dengan suhu pengeringan yang berbeda? 2) Bagaimana perhitungan harga jual fruit leather berbahan dasar dari buah carica dengan suhu pengeringan yang berbeda? 3) Bagaimana potensi penerimaan konsumen terhadap fruit leather berbahan dasar dari buah carica dengan suhu pengeringan yang berbeda?. Saran yang diberikan untuk pemecahan masalah adalah : 1) Kemasan produk carica fruit leather bisa ditinggkatkan lagi agar lebih menarik, efisien dan juga menambah nilai jualnya; 2) Bentuk produk carica fruit leather ukuranya masih bisa dikecilkan lagi agar lebih mudah pada saat dimakan; 3) Jika dilihat dari askpek biaya produk carica fruit leather masih terlalu murah maka masih bisa dikembangkan lagi dari segi bentuk, kemasan, dan lain-lain

Referensi

Dewi, Rizki kharina. 2017. Analisis Rantai Nilai Komoditas Buah Carica Di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Skripsi Jurusan Ekonomika dan Bisnis. Universirtas Diponegoro

Dinas Koperasi dan UMKM. (2016). Produksi Carica di Kabupaten Wonosobo Tahun 2012-2016. Wonosobo: Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Wonosobo

Dinas Pertanian dan Perikanan. (2019). Luas Areal dan Produksi Tanaman Carica di Kabupaten Wonosobo Tahun 2016-2018 Dalam Triwulanan. Wonosobo: Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Wonosobo.

Handayani, Fitri. 2014. Karakteristik Pengeringan Fruit Leather Buah Jambu Biji(Psidium Guava) Menggunakan Vacuum Dryer. Skripsi Jurusan Teknologi Pangan Dan Argo Industri. Universitas Mataram.

Hendrasty, Hj. Henny Krissetiana, Ir., M.P. 2013. Bahan Produk Bakery. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Karyantina, M., Linda K., dan Agus, S.W. 2014. Kajian Karakteristik Fruit Leather Dengan Variasi Jenis Pisang (Musa paradisiaca) dan Suhu Pengeringan. Skripsi. Fakultas Teknologi dan Industri Pangan Universitas Slamet Riyadi.

Lamadlauw, Fanny Noviany. Dan Arief, Abd. Rahman. 2004. Pastry and Bakery Production. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mudrikah, Alfiah. 2017. Strategi Pengembnagan Usaha Industri Kecil Olahan Carica (Studi Kasus Pada UKM Gemilang Di Kabupaten Wonosobo). Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Nadeak, S.M.R dan D. Susanti. 2012. Variasi Temperatur dan Waktu Tahan Kalsinasi Terhadap Unjuk Kerja Semikonduktor TiO2 sebagai (DSSC) dengan Dye dari Ekstrak Buah Naga Merah. Jurnal Teknik ITS 1: 81-86.

Rini, Haris Puspita. 2011. Strategi Pengembangan Industri Kecil Carica Untuk Meningkatkan Pendapatan Pengrajin Di Kabupaten Wonosobo Tahun 2010. Skripsi Jurusan Keguruan Dan Ilmu Pendidik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Rosalina, Yessy. 2013. Studi Pengolahan Fruit Leather Mangga Varietas Bengkulu (Mangifera Indica L.) . Jurnal Teknologi Pertanian. Gakultas Pertanian. Universitas Bengkulu.

Safitri, A.A. 2012. Studi Pembuatan Fruit Leather Mangga-Rosella. Skripsi. Jurusan Teknologi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Standar Nasional Indonesia. 1996. Manisan kering buah-buahan No 01-1718. Badan Standar Nasional (BSN). Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umami, M.Rizal. 2018. Eksperimen Produk Dodol Pepaya (Carica Papaya L.) Melalui Pengolahan Preservatif Guna Meningkatkan Umur Simpan. Skripsi Jurusan Teknologi Argo-industri. Politeknik Negeri Jember.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-22

Cara Mengutip

Sugiyarto, A., & Fajri, I. (2021). PEMBUATAN CARICA FRUIT LEATHER DENGAN SUHU PENGERINGAN YANG BERBEDA. JURNAL PARIWISATA VOKASI, 2(1), 1–17. Diambil dari https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/9

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama