https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/issue/feed JURNAL PARIWISATA VOKASI 2023-09-21T16:01:08+07:00 Sri Marini srimarini@akparnhi.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Pariwisata Vokasi (JPV) </strong>adalah sebuah jurnal yang berisi kajian konsep-konsep terkait pariwisata di Indonesia, yang memuat tentang hasil ringkasan penelitian, survei dan tulisan ilmiah populer kepariwisataan dan Hospitaliti serta bidang vokasional pariwisata dan hospitality seperti hotel dan restoran baik dari sisi Sumber Daya Manusia ataupun operasional. Jurnal ini dapat menjadi fasilitas dalam pengembangan ilmu kepariwisataan dan/atau bidang vokasional pariwisata serta menjadi referensi khususnya bagi pemerhati pariwisata di Indonesia</p> https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/21 Pengembangan Video Tutorial Berbasis Aplikasi Canva pada Materi Selling and Promotion di SMK Akomodasi Perhotelan 2022-06-29T19:28:25+07:00 Rezkia Anjani Firstian anjani.rezkiaa@upi.edu Neni Rohaeni anjani.rezkiaa@gmail.com Yoyoh Jubaedah anjani.rezkiaa@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berbentuk video tutorial pada materi <em>selling and promotion</em>. Video tutorial menyajikan visualisasi bergerak, yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara berangkaian sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan PPE yaitu <em>Planing, Production, Evaluation</em>. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, dinyatakan bahwa video tutorial yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Akomodasi Perhotelan.</p> 2023-09-21T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2022 JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/27 Kualitas Pelayanan Pramusaji Di Lamping Restaurant Bandung 2022-07-23T21:27:58+07:00 Idham Wibawa idham@akparnhi.ac.id Muhammad Reza Aditya idham@akparnhi.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pramusaji di Lamping restaurant Bandung, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penyebaran kuesioner kepada tamu digunakan sebagai teknik pengumpulan data selain observasi secara langsung. Dalam teknik analisis data menggunakan skala likert. Kualitas peyanan pramusaji di lamping restaurant belum terlaksana secara baik dikarenakan salah satu dimensi tidak terlaksana sacara maksimal oleh pramusaji.</p> 2023-09-21T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2022 JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/28 Business Plan Niche Tourism Pada Tour & Travel Pelesiran Holiday di Saat Pandemi Covid-19 2022-07-27T19:50:16+07:00 Faisal Nuralamsyah faisalyusni@upi.edu <div> <p class="Abstract"><span lang="EN-US">Pandemi Covid-19 cukup berpengaruh terhadap sektor pariwisata, salah satunya kepada pemilik usaha perjalanan wisata. Pelesiran Holiday sebagai salah satu usaha perjalanan wisata cukup terpengaruh terhadap keadaan pandemi Covid-19, karena selama ini bergantung terhadap aktivitas mass tourism dan penyewaan bus. Untuk itu agar usaha dapat tetap bertahan, di buatlah paket wisata minat khusus (<em>niche tourism) </em>salah satunya sebagai alternatif paket wisata di saat pandemi. Dalam tulisan ini berisi perencanaan dalam menciptakan paket usaha baru agar usaha dapat tetap bertahan. Menggunakan metode kualitatif deskriptif ditambah dengan adanya studi literatur. Sehingga dapat menggambarkan kondisi sebenarnya pada saat penelitian ini dilakukan. Hasil dari penelitian ini didaptkan segmenting targeting dan positioning dari Pelesiran Holiday menyasar konsumen pria dan wanita dengan rentan umur 2-55 tahun dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang memiliki minat berwisata sejarah. </span><span lang="DA">Adapun BEP yang didapatkan adalah 11 paket pelanggan dengan payback periode 3 bulan 8 hari.</span></p> </div> 2023-09-21T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2022 JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/29 STUDI KELAYAKAN PENDIRIAN PUSAT OLEH - OLEH PADA RM SAUNG BALONG 2022-07-29T11:48:39+07:00 Muhamad Fikriyananda mfikriyananda@upi.edu Dewi Turgarini dewiturgarini@upi.edu Caria Ningsih mfikriyananda@upi.edu <p>Kabupaten Majalengka saat ini menjadi salah satu wilayah yang sedang berfokus kepada pariwisata dimana bisa dilihat dari kunjungan wisata yang selalu meningkat. Kesempatan tersebut menjadi peluang bagi RM Saung Balong dalam pendirian pusat oleh – oleh khas majalengka. Dalam studi kelayakan ini dimulai dengan pengumpulan dan pengolahan data pada aspek pasar dengan penentuan pasar potensial serta permintaan efektif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui studi kelayakan pendirian pusat oleh-oleh pada RM Saung Balong Majalengka yang meliputi aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran serta aspek keuangan. Kesimpulan yang diperoleh dari seluruh aspek adalah layak untuk didirikan.</p> 2023-09-21T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2022 JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/26 STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAYANAN PRAMUSAJI DI FEAST RESTAURANT SHERATON BANDUNG HOTEL & TOWERS 2022-07-22T16:10:53+07:00 Antonius Iskandar antonbaiker@gmail.com Acep Akbar Fernando antonbaiker@gmail.com <p>Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mengkaji pelaksanaan Standar Opersional Prosedur Pelayanan Pramusaji Di Feast Restaurant Shearton Bandung Hotel &amp; Towers.</p> <p>Penelitian ini dilaksanakan di Feast Restaurant Shearton Bandung Hotel &amp; Towers dengan populasi Supervisor dan Manajer sebanyak 4 orang. Metode Penelitian yang dipergunakan adalah metode yang bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan analisis kontinum.</p> <p>Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Tingkat Konsistensi di Feast Restaurant Shearton Bandung Hotel &amp; Towers termasuk dalam kategori kadang-kadang dengan skor rata-rata sebesar 36,00;&nbsp; 2) Tingkat Komitmen berada pada kategori selalu dengan skor rata-rata sebesar 39,00;&nbsp; 3) Tingkat pelaksanaan mengikat berada pada kategori kadang-kadang dengan skor rata-rata 49,00;&nbsp; 4) Tingkat Peranan Seluruh Unsur berada pada kategori Selalu dengan skor rata-rata 42,00; 5) Tingkat Prosedur Penyempurnaan berada pada kategori Kadang-kadang dengan skor rata-rata 43,00; 6) Tingkat Pendokumentasian berada pada kategori Kadang-kadang dengan skor rata-rata 42,00. Hasil keseluruhan analisis pada tingkat 1) Konsistensi berada pada kategori Cukup; 2) Komitmen berada pada kategori Baik; 3) Bentuk Pelaksanaan Mengikat berada pada kategori Cukup; 4) Perananan Seluruh Unsur berada pada kategori Baik; 5) Penyempurnaan berada pada kategori Cukup; 6) Pendokumentasian berada pada kategori Cukup.</p> <p>Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurang optimalnya pelaksanaan standar operasional prosedur pelayanan pramusaji di Feast Restaurant Sheraton Bandung Hotel &amp; Towers.</p> 2023-09-21T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2022 JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/24 HYGINE DAN SANITASI DI AREA KITCHEN HOLIDAY INN BANDUNG PASTEUR PADA MASA PANDEMI COVID-19 2022-07-20T14:09:32+07:00 Raden Intan Medya Ratna Pury ratnaintan83@gmail.com Ahmad Salman ratnaintan83@gmail.com <p>ABSTRAK</p> <p>&nbsp;</p> <p>Sektor pariwisata berkontribusi dalam pengembangan Kota Bandung sebagai kota wisata. Industri pariwisata diharapkan dapat terus berkontribusi pada pendapatan asli daerah (PAD). Kebersihan dan pelayanan kepada wisatawan perlu dioptimalkan karena akan menyebabkan kepuasan, dan dari kepuasan akan menyebabkan para wisatawan akan kembali mengujungi Kota Bandung.&nbsp; Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini memberikan pengaruh yang signifikan ke seluruh sektor usaha di dunia termasuk sekor pariwisata di Indonesia. Industri perhotelan di Kota Bandung terkena dampak yang sangat besar.&nbsp; Pengusaha hotel, pengusaha restoran, pengusaha rumah makan, asosiasi perhotelan dan restoran, serta pemerintah telah berembuk dalam mengurangi kerugian yang semakin besardikarenakan Pandemi Covid-19 ini.&nbsp; Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menggambarkan kondisi faktual mengenai proses penerapan hygine dan sanitasi di dapur hotel pada masa pandemi Covid-19. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Teknik Triangulasi digunakan sebagai teknik untuk mengecek keabsahan data.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci : Higiene Dan Sanitasi. Kualitas Kebersihan. Standar Operasional Dapur. Dapur Hotel.</p> 2023-09-21T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2022 JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/73 SERVICE QUALITY TO CUSTOMERS IN FOOD AND BEVERAGES SERVICE DEPARTEMENT ARDAN HOTEL 2023-09-21T16:01:08+07:00 Sonny Sanjaya sonny@akparnhi.ac.id <table> <tbody> <tr> <td width="188"> <p>&nbsp;</p> <p>Diperbaiki : Disetujui :</p> </td> <td width="436"> <p>Hotel adalah jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruhnya untuk jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya untuk masyarakat umum yang dikelola secara komersial. Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus. Sektor industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor dalam dunia pariwisata salah satunya adalah perhotelan merupakan bisnis yang sedang mengalami pertumbuhan pesat terutama di era saat ini. Saat ini kecenderungan gaya hidup masyarakat yang lebih memilih untuk menikmati makanan siap saji menyebabkan banyak bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Food and Beverage merupakan salah satu departemen di bidang perhotelan yang berfokus pada pelayanan makanan dan minuman untuk mencapai kepuasan pelanggan. Selain hotel, departemen ini juga banyak terdapat di restoran, maskapai penerbangan, rumah sakit, kapal pesiar, dan kereta api. Food and Beverage Service merupakan bagian yang mempunyai tugas utama menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman kepada tamu baik di hotel maupun di luar hotel. Dalam sebuah bisnis khususnya pekerjaan yang bertugas memberikan kesenangan dan kepuasan kepada pelanggan pasti memiliki kualitas dalam melayani tamu atau pelanggan yang datang, oleh karena itu kualitas pelayanan merupakan hal penting dalam dunia pariwisata, Service Quality menjadi dasar utama untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan. Dalam hal ini perusahaan dapat dikatakan baik apabila mampu menyediakan barang atau jasa yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Kualitas produk dan kinerja pelayanan yang baik akan sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai tingkat kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan dinilai baik apabila pelayanan yang diberikan sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen, sedangkan jika melebihi apa yang diharapkan konsumen maka dapat dikatakan pelayanan sangat baik. memuaskan. Namun terkadang ada juga pelayanan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan konsumen.</p> </td> </tr> </tbody> </table> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <table> <tbody> <tr> <td width="436"> <p>Pelayanan ini dikatakan buruk, apabila perusahaan dirasa tidak mampu memenuhi keinginan konsumen, baik melalui produk maupun melalui pelayanan perusahaan. Berdasarkan hasil pengolahan data hasil penelitian, penulis menarik kesimpulan mengenai kualitas pelayanan dalam mencapai kepuasan pelanggan pada bagian food and beverage service Ardan Hotel Bandung: 1.Aspek berwujud (bukti fisik) yang dilakukan dengan baik oleh karyawan Food and Beverages Service Hotel Ardan Bandung, sehingga hasilnya mempengaruhi harapan dan kepuasan tamu. Untuk hasil perhitungan akhir pada aspek Tangible (bukti fisik) sudah berada pada skor 1,334 pada garis kontinum dalam kategori sangat setuju. 2.Aspek empati yang dilakukan cukup baik oleh pegawai Food and Beverages Service Ardan Hotel Bandung, sehingga hasilnya mempengaruhi harapan dan kepuasan tamu. Hasil perhitungan akhir pada aspek Empathy masih berada pada skor 1,331 pada garis kontinum pada kategori cukup setuju 3. Aspek Responsiveness yang dilakukan cukup baik oleh pegawai Food and Beverages Service Ardan Hotel Bandung, sehingga hasilnya mempengaruhi harapan dan kepuasan tamu. Untuk hasil perhitungan akhir pada aspek Responsiveness masih berada pada skor 945 pada garis kontinum pada kategori cukup setuju. 4.Aspek Keandalan yang dilaksanakan dengan baik oleh karyawan Food and Beverages Service Ardan Hotel Bandung, sehingga hasilnya mempengaruhi harapan dan kepuasan tamu. Untuk hasil perhitungan akhir pada aspek Reliability sudah berada pada skor 1,337 pada garis kontinum dalam kategori sangat setuju. 5.Aspek Assurance (keyakinan) yang dilakukan cukup baik oleh karyawan Food and Beverages Service Ardan Hotel Bandung, sehingga hasilnya mempengaruhi harapan dan kepuasan tamu. Untuk hasil perhitungan akhir pada aspek Assurance (keyakinan) masih berada pada skor 959 pada garis kontinum dalam kategori cukup setuju.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Kualitas Pelayanan, pelayanan makanan dan minuman, kepuasan pelanggan</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2022-08-05T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023