JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp <p><strong>Jurnal Pariwisata Vokasi (JPV) </strong>adalah sebuah jurnal yang berisi kajian konsep-konsep terkait pariwisata di Indonesia, yang memuat tentang hasil ringkasan penelitian, survei dan tulisan ilmiah populer kepariwisataan dan Hospitaliti serta bidang vokasional pariwisata dan hospitality seperti hotel dan restoran baik dari sisi Sumber Daya Manusia ataupun operasional. Jurnal ini dapat menjadi fasilitas dalam pengembangan ilmu kepariwisataan dan/atau bidang vokasional pariwisata serta menjadi referensi khususnya bagi pemerhati pariwisata di Indonesia</p> id-ID srimarini@akparnhi.ac.id (Sri Marini) ilham@akparnhi.ac.id (Ilham Fajri) Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.5 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penambahan Tepung Biji Nangka Dalam Pembuatan Bolu Kukus Buah Nangka https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/100 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan citarasa</p> <p>rasa kue bolu kukus buah nangka yang menggunakan tepung biji Nangka, mengetahui kandungan gizi yang dihasilkan pada kue bolu kukus buah nangka dengan menggunakan tepung biji Nangka dan mengetahui perbandingan rincian biaya produksi antara kue bolu kukus buah nangka yang menggunakan tepung biji nangka dan pembanding. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara experimen produk, penyebaran kuisoner, observasi. Sedangkan tenik analisis data dengan menggunakan skala likert. Penulis membuat kesimpulan mengenai Penambahan tepung Biji Nangka Dalam Pembuatan Bolu Kukus Buah Nangka sebagai berikut: Cita Rasa Bolu kukus biji Nangka Pembanding dengan Bolu Biji Nangka experiment menurut penulis terlatih dan tidak terlatih. Saran yang diberikan untuk pemecahan masalah adalah perlu Adaya:1. Promosi mengenai pemanfaatan penambahan bahan memakai tepung biji Nangka sebagai&nbsp; bahan pangan lokal untuk membuat bolu kukus2.Pemanfaatan tepung biji Nangka untuk dijadikan alternatif bahan pangan pengganti tepung terigu, sehingga dapat mengurangi impor</p> Dewi Fitriani, Friska Azhar Firdaus Hak Cipta (c) 2024 JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/100 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0700 Tinjauan Minat Beli Pelanggan Di Komuka Kafe Jakarta https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/92 <p>Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui minat beli pelanggan Komuka kafe Jakarta. Masalah dalam penelitian adalah bagaimana minat transaksional, minat preferensial, minat referensial dan minat eksploratif pelanggan dalam membeli produk. Metode penelitian adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa minat beli pelanggan di Komuka Kafe Jakarta belum dalam kategori baik. Saran yang diberikan adalah perlunya mengembangkan variasi produk makanan dan minuman, sehingga dengan banyaknya pilihan yang disediakan dapat meningkatkan minat transaksionalnya. Mengembangkan inovasi dalam hal dekorasi ruangan dan membangun suasana kafe yang lebih baik sehingga hal itu dapat meningkatkan inisiatif pelanggan untuk membagikan komentar positifnya dan merekomendasikan kafe kepada pelanggan lain. Pemberian potongan harga atau harga spesial bagi pelanggan loyal untuk memungkinkan pelanggan lebih memprioritaskan lokus sebagai tempat tujuan berkunjung. Memperluas iklan dan promosi untuk meningkatkan minat eksploratif pelanggannya. Dalam hal sosial media peneliti menyarankan agar lebih diperhatikan dan diperbaharui info-info terbaru, agar berpengaruh pada minat beli pelanggan.</p> Sri Marini, Tina Andriana Suhanda, Reyhand Kenny Jonathan Adam Hak Cipta (c) 2024 JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/92 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0700 Kepuasan Pelanggan Di Bumi Sunda Resto Bandung https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/91 <p>Kepuasan pelanggan salah satu aspek penting khususnya dalam dunia restoran, <br>karena denan memastikan pelanggan merasa puas bisa membuat bisnis terus <br>berjalan dan peningkatan dalam pendapatan, namun dalam praktek nya <br>kepuasaan pelanggan merupakan salah satu point yang jarang diukur karena <br>satu dan lain hal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat <br>kepuasan tamu di Bumi Sunda Resto. Metode yang digunakan dalam <br>penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan <br>secara menyeluruh mengenai apa yang terjadi di lokus penelitian, sebanyak 43 <br>sampel diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil dari penelitian ini <br>didapati hasil bahwa kondisi kepuasan tamu di Bumi Sunda Resto dinyatakan <br>tidak puas.</p> <p>Kata Kunci: Kepuasan, Pelanggan, Restoran</p> Idham Sakti Wibawa, Eka Nursyashinta Adel Hak Cipta (c) 2024 JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/91 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pemanfaatan Black Garlic Dalam Pembuatan Saus Hoisin https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/94 <p>Penelitian bertujuan&nbsp; mengetahui perbedaan cita rasa dari saus hoisin black garlic eksperimen dengan saus pembanding, &nbsp;mengetahui kandungan gizi dari saus hoisin black garlic dengan saus pembanding dan mengetahui biaya &nbsp;makanan pembuatan saus hoisin black garlic dengan saus pembanding. Metode penelitian yang digunakan yaitu &nbsp;penelitian eksperimen. Dengan pengumpulan data melalui kuesioner &nbsp;kepada responden panelis profesional dan non profesional &nbsp;melalui uji organoleptik. Teknik analisa data&nbsp; berupa dokumen, catatan, dan rekaman. Kesimpulan dan saran<a name="_Toc138278642"></a><a name="_Toc138278788"></a> 1. Cita Rasa Saus Hoisin Black Garlic &nbsp;dan Saus Hoisin Black Garlic Pembanding, a/b. aspek aroma &amp; rasa &nbsp;saus hoisin eksperimen lebih disukai dan paling sedap, c. aspek tekstur saus hoisin eksperimen dan saus hoisin original sama-sama&nbsp; kental. d.&nbsp; aspek tampilan, saus hoisin eksperimen lebih menarik. 2. Nilai Gizi Kalori Saus Hoisin Black Garlic Saus Hoisin Pembanding lebih besar komposisi gizinya dibandingkan eksperimen.&nbsp; 3. Biaya makanan Saus Hoisin Black Garlic eksperimen relative lebih rendah. &nbsp;</p> Heri Atmojo, Adelina Batrisyia Arifin Hak Cipta (c) 2024 JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/94 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0700 Promosi Makanan Dan Minuman Di Resort Pullman Ciawi Vimalla Hills https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/95 <p>Penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan promosi makanan dan minuman di Resort Pullman Ciawi Vimalla Hills</p> <p>Penelitian ini dilaksanakan di Resort Pullman Ciawi Vimalla Hills dengan populasi <em>FB Director</em> dan karyawan <em>F &amp; B Service</em> sebanyak 31 orang dan sales marketing sebanyak 14 orang. Metode Penelitian yang dipergunakan adalah metode yang bersifat deskriptif analisis 2 macam skala pengukuran yaitu skala nominal dan skala likert</p> <p>Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Tanggapan Responden tentang produk di Pullman Ciawi Vimalla Hills termasuk dalam kategori cukup dengan skor rata-rata sebesar 608; 2) Tanggapan Responden tentang harga di Pullman Ciawi Vimalla Hills berada pada kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 556;&nbsp; 3) Tanggapan Responden tentang tempat di Pullman Ciawi Vimalla Hills berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 306; 4) Tanggapan Responden promosi tentang penjualan makanan dan minuman di Pullman Ciawi Vimalla Hills berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 1835, Hasil keseluruhan analisis pada tingkat 1) Produk berada pada kategori Cukup; 2) Harga berada pada kategori Baik; 3) Tempat berada pada kategori Cukup, 4) Promosi berada pada kategori cukup.</p> <p>Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurang optimalnya Promosi di Pullman Ciawi Vimalla Hills</p> Raden Intan Medya Ratna Pury, Paul Nathanael Hak Cipta (c) 2024 JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/95 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0700 Beban Kerja Karyawan Resepsionis Di Trans Luxury Hotel Bandung https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/96 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Beban kerja karyawan Resepsionis di trans Luxury Hotel Bandung. Metode pengumpulan yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpula data yang dilakukan yaitu dengan cara penyebaran kuesioner, observasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan skala likert. Masalah dalam penelitian: a.)1.Bagaimana Tuntutan Fisik karyawan Resepsionis di The Trans Luxury Hotel Bandung b.) 2.Bagaimana Tuntutan Tugas karyawan Resepsionis di The Trans Luxury Hotel Bandung. Saran yang diberikan untuk pemecahan masalah adalah: Beban kerja sangat berpengaruh kepada fisik serta mental</p> <p>Karyawan Resepsionis The Trans Luxury Hotel Bandung, jika kondisi kondisi fisik dan mental meningkat maka kualitas kerja Karyawan akan lebih baik. Maka dari itu penulis menyarankan kepada perusahaan untuk mengadakan kegiatan yang dapat menyegarkan pikiran dan fisik karyawannya.dan yang kedua Tugas beban kerja Pembagian tugas kerja kepada karyawan sebaiknya diberikan secara rata agar tidak terjadinya beban kerja yang berlebih, jika jumlah tugas yang diberikan kepada karyawan seimbang dengan jumlah karyawannya, maka tidak akan terjadi ketidakseimbangan. Karyawan juga tidak akan over time atau melebihi jam kerja yang seharusnya.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci: Beban Kerja, Resepsionis</em></strong></p> Heri Sutardi, Natania Grace Arthauli Hak Cipta (c) 2024 JURNAL PARIWISATA VOKASI https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/96 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0700