STUDI KELAYAKAN PENDIRIAN PUSAT OLEH - OLEH PADA RM SAUNG BALONG

Penulis

  • Muhamad Fikriyananda
  • Dewi Turgarini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Caria Ningsih

Kata Kunci:

Studi Kelayakan, RM. Saung Balong, Oleh – oleh kabupaten majalengka

Abstrak

Kabupaten Majalengka saat ini menjadi salah satu wilayah yang sedang berfokus kepada pariwisata dimana bisa dilihat dari kunjungan wisata yang selalu meningkat. Kesempatan tersebut menjadi peluang bagi RM Saung Balong dalam pendirian pusat oleh – oleh khas majalengka. Dalam studi kelayakan ini dimulai dengan pengumpulan dan pengolahan data pada aspek pasar dengan penentuan pasar potensial serta permintaan efektif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui studi kelayakan pendirian pusat oleh-oleh pada RM Saung Balong Majalengka yang meliputi aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran serta aspek keuangan. Kesimpulan yang diperoleh dari seluruh aspek adalah layak untuk didirikan.

Referensi

Husna, S., & Muhammad, S. (2005). Studi Kelayakan Proyek. YKPN.

Annugerah, A., Astuti, I. F., & Kridalaksana, A. H. (2016). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB PEMETAAN LOKASI TOKO OLEH-OLEH KHAS SAMARINDA. 5.

Rangkuti, F. (2012). Study Kelayakan Bisnis dan Investasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kamaluddin. (2004). Studi Kelayakan Bisnis. Malang: Dioma.

Jakfar, & Kasmir. (2012). Study Kelayakan Bisnis. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Jumingan. (2011). Study Kelayakan Bisnis Teori dan Pembuatan Proposal Kelayakan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran, jilid 1, diterjemahkan oleh Molan. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Husein, U. (2009). Study Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana.

Sulastri, L. (2016). STUDI KELAYAKAN BISNIS UNTUK WIRAUSAHA (C. T. L. Publishing (ed.)). LGM.

Yanuar, D. (2016). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang. Universitas Bangka Belitung

Santoso, Irfan. (2018). Studi Kelayakan Pendirian Usaha Catering Harian Ketogenik Makanan Jawa Timur di Wilayah Tenggilis Surabaya. Universitas Surabaya

Wibowo, A. (2013). Pembuatan Aplikasi E-Commerce Pusat Oleh-Oleh Khas Pacitan Pada Toko Sari Rasa Pacitan. Indonesian Journey on Networking and Security

Nonny, A. Putra, I Nyoman. Dewi, Made. (2019) Perkembangan Wisata Belanja "Oleh-oleh Makanan" di Kota Malang. Universitas Negeri Malang.

Adytama, A., Indah F., Awang H. (2016). Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Pemetaan Lokasi Toko Oleh-Oleh Khas Samarinda. Universitas Mulawarman

artikel internet

https://www.itrip.id/oleh-oleh-khas-majalengka

https://www.javatravel.net/oleh-oleh-khas-majalengka

https://jabar.idntimes.com/travel/destination/andra-adyatama/10-makanan-khas-majalengka-cocok-untuk-oleh-oleh-lebaran-saat-mudik

http://disparbud.majalengkakab.go.id/

https://books.google.com.sg/books?id=aIlPVzW_3H8C&pg=PA6&dq=pengertian+perusahaan+secara+umum&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwj5-8T4oqPvAhWPbSsKHQjVAK8Q6AEwAHoECAAQAg#v=onepage&q=pengertian%20perusahaan%20secara%20umum&f=false

Diterbitkan

2022-08-05

Cara Mengutip

Fikriyananda , M. ., Turgarini, D., & Ningsih , C. . (2022). STUDI KELAYAKAN PENDIRIAN PUSAT OLEH - OLEH PADA RM SAUNG BALONG. JURNAL PARIWISATA VOKASI, 3(1), 31–41. Diambil dari https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/29