ANALISIS STORE ATMOSPHERE DAN PROMOTION YANG BERPENGARUH TERHADAP REVISIT INTENTION DI THELAPAN COFFEE BANDUNG

Penulis

  • Nur Ummu Syalamah Pratami Universitas Pendidikan Indonesia
  • Caria Ningsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gilang Pratama Putra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.60038/jpv.v4i1.61

Kata Kunci:

store atmosphere, promotion, , revisit intention

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Store Atmosphere dan promotion yang berpengaruh terhadap revisit intention di Thelapan Coffee Bandung. Store Atmosphere merupakan rangkaian pengalaman suasana yang dirasakan oleh konsumen sejak pertama kali masuk ke coffee shop hingga selesai menikmati hidangan maupun atmosphere di coffee shop tersebut. Sedangkan promotion merupakan suatu kegiatan untuk menarik konsumen untuk datang maupun berniat untuk datang kembali sehingga dapat terjadi suatu transaksi. Variabel bebas (X1) yaitu store atmosphere yang memiliki 4 elemen diantaraya ialah store layout, exterior, general interior, interior display (Berman dan Evan, 2015). kemudian variabel bebas (X2) yaitu promotion memiliki 6 dimensi, diantaranya ialah advertising, personal selling, sales promotion, public relation, word of mouth, dan direct marketing (Ailijaa F R et al.,2020). Sedangkan variabel terikat (Y) pada penelitian ini ialah revisit intention dengan dimensi revisit propensity, revisit willingness, dan revisit probability in the near future (Zhang et al., 2018). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif dan explanatory survey, terdapat 100 responden dalam penelitian ini yang pernah bertransaksi di Thelapan Coffee Bandung. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji regresi linear berganda dengan uji f (simultan), dan uji t (parsial). Hasil penelitian menunjukan secara simultan store atmosphere dan promotion terdapat pengaruh yang signifikan terhadap revisit intention. Dan hasil secara parsial bahwa store atmosphere tidak memiliki pengaruh yang signifikan, sedangkan promotion memiliki pengaruh yang signifikan terhadap revisit intention

Referensi

AilijaaFR, A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2020). Pengaruh Bauran Promosi, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Pt. Telkom Indonesia, Jakarta Timur. Ikra-Ith Ekonomika, 3(1), 71–79.

Alma,Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta.

Amaly, N. F., Praptono, B., & Iqbal, M. (2015). Analisis Kelayakan Pembukaan Cabang Coffee Shop Kedai Sabi Di Tamansari, Kota Bandung Ditinjau Dari Aspek Pasar, Aspek Teknis, Dan Aspek Finansial. EProceedings of Engineering, 2(2)

Berman, Barry and Joel R.Evans. 2014. Retailing Management. Nine Edition. McGraw-Hill Education. USA

Berman, Berry and Joel R. Evans. 2015. Manajemen Ritel, Alih Bahasa: Lina Salim, Erlangga, Jakarta.

C. Ningsih & H. Taufiq A (2021). Gastronomy Tourism Development Model on Tourist Village. Promoting Creative Tourism, Current Issues in Tourism Research. (ISBN 978-0-367-55862-8 (Hbk), CRC Press, Taylor & Francis Group, London: 616-622

Chen JV, Htaik S, Hiele TM, Chen C. (2017). Investigating international tourists’ intention to revisit Myanmar based on need gratification, flow experience and perceived risk. J Qual Assur Hosp Tour 18(1):25–44

Cole, SR, and Scott, D. (2004). Examining the Mediating Role of Experience Quality in a Model of Tourist Experiences. Journal of Travel & Tourism Marketing

Cox, Roger and Paul Brittan. 2014. Retailing an Introduction. Fifth Edition: Pearson Education Limited. London

Emes, L. S., & Sari, D. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Ulang Pada Marka Coffee & Kitchen the Influence of Store Atmosphere on Interest To Buy in Marka Coffee & Kitchen. EProceedings of Management, 6(1),1360–1365. https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/arti cle/view/9063

Fauzie, D., Yulianto, E., & Sunarti. (2016). Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen KFC Cabang Mall Olympic Garden Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 40, 1-7

Hendarmin, H., & Kartika, M. (2018). Pemetaan Ekonomi Kreatif Subsektor Kuliner di Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(1), 58. https://doi.org/10.26418/jebik.v7i1.24578 .

Katrin, I. L., & Setyorini, H. D. (2018). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Javana Bistro Bandung. The Journal Gastronomy Tourism, 3(2), 75-83.

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta

Nirwana.2004. Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa. Malang: Dioma

Octaviany, V., & Utami, D. D. (2017). Revisit Intention Wisatawan di Taman Tematik Kota Bandung. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 7(1), 41. https://doi.org/10.17509/thej.v7i1.6846.

Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2014. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, Buku 2, edisi. 9. Alih Bahasa: Damos Sihombing, Erlangga, Jakarta

Ridwan, Okky Rizal; Ningsih, Caria. Analysis of the 11P Marketing Mix Strategy in the Healthy Food Catering Business. The Journal Gastronomy Tourism, 7.2: 90-100.

Ririn Tri Ratnasari dan Mastuti H. Aksa. 2016. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa, Cetakan 2. Ghalia, Bogor

Sabrilia, T., Andari, R., & Abdullah, T. (2016). Pengaruh Physical Evidence Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Happy Cow Palasari Bandung (Survey pada Konsumen Di Happy Cow Palasari Bandung). The Journal Gastronomy Tourism, 2(2), 180-188.

Sara, Fenny May; Ningsih, Caria; Andari, Rini. Pengaruh Physical Evidence terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Café Infinito Culinery Bandung. Jurnal Gastronomi Pariwisata, 2019, 3.2: 6.

Soekresno. 2002. Manajemen food & beverage service hotel, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Subarjah, H., Gilang, P. P., Sandey, T. P., & Amanda, P. S. (2019, December). The Effect of Training Motivation and Emotional Intelligence on the Performance of Badminton Players. In International Conference on Education, Science and Technology (pp. 345-352). Redwhite Press

Subarjah, H.; Putra, G. P. Smart-er models and ideas method on physical education teaching in elementary schools. In: Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing, 2019. p. 012123.

Zeithaml, Valarie A, Mary Jo Bitner dan Dwayne D. Gremler, 2011. “Services Marketing – Integrating Customer Focus Across The Firm 5th Edition”. New York : McGraw-Hill.

Zhang, H., Wu, Y., & Buhalis, D. (2018). A model of perceived image, memorable tourism experiences and revisit intention. Journal of Destination Marketing and Management, 8(July 2017), 326–336.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Ummu Syalamah Pratami, N., Ningsih, C., & Pratama Putra, G. (2023). ANALISIS STORE ATMOSPHERE DAN PROMOTION YANG BERPENGARUH TERHADAP REVISIT INTENTION DI THELAPAN COFFEE BANDUNG. JURNAL PARIWISATA VOKASI, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.60038/jpv.v4i1.61

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama