Business Plan Niche Tourism Pada Tour & Travel Pelesiran Holiday di Saat Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Development, Video Tutorials, Canva App, Selling and Promotion, SMK Hospitality AccommodationAbstrak
Pandemi Covid-19 cukup berpengaruh terhadap sektor pariwisata, salah satunya kepada pemilik usaha perjalanan wisata. Pelesiran Holiday sebagai salah satu usaha perjalanan wisata cukup terpengaruh terhadap keadaan pandemi Covid-19, karena selama ini bergantung terhadap aktivitas mass tourism dan penyewaan bus. Untuk itu agar usaha dapat tetap bertahan, di buatlah paket wisata minat khusus (niche tourism) salah satunya sebagai alternatif paket wisata di saat pandemi. Dalam tulisan ini berisi perencanaan dalam menciptakan paket usaha baru agar usaha dapat tetap bertahan. Menggunakan metode kualitatif deskriptif ditambah dengan adanya studi literatur. Sehingga dapat menggambarkan kondisi sebenarnya pada saat penelitian ini dilakukan. Hasil dari penelitian ini didaptkan segmenting targeting dan positioning dari Pelesiran Holiday menyasar konsumen pria dan wanita dengan rentan umur 2-55 tahun dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang memiliki minat berwisata sejarah. Adapun BEP yang didapatkan adalah 11 paket pelanggan dengan payback periode 3 bulan 8 hari.
Referensi
Berkowits, A.M, Morissan. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta: Penerbit Kencana
Daft, R. L. (2007). Management, Eight Edition.
Dilek, N. K., Kizilirmark, I., & Dilek, S. E. (2018). Virtual Reality or Just Reality? A SWOT Analysis of the Tourism Industry. Journal of Tourismology, 4(1), 67–74.
Febriansyah, T., Syahrizal, F., Hutami, R., Hanif, M. F., Almazakira, A., & Fransiska, Y. A. (2020). Bussines Plan Tokosehati.com. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 3 No.2(Universitas Bakrie), 49–58.
Imaniar, D., & Wahyudiono, A. (2018). Strategi Pengembangan dan Bauran Pemasaran Potensi Komoditas Kopi dalam Rangka Penguatan Pasar Produk Pertanian Secara Integratif dengan Sektor Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi . JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION, 2(2). https://do i.org/10.30871/jaba.v2i2.1120
Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia Nomor PM.85/HK.501/MKP/2010 Tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Perjalanan Wisata.; 2010.
Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Undang- Undang Nomor 10 Tentang Kepariwisataan.; 2010
Kotler, Philip (2006). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Indonesia: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Rangkuti, Freddy, (2017), Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta..
Rismawati, F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2019). Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.10793
Soemanto, R. B. (2010). Pengertian Pariwisata, Sosiologi, dan Ruang Lingkup Sosiologi Pariwisata. Jurnal Sosiologi Pariwisata, 1(1).
Sugiyono. (2015), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung
Suryatama. (2014). Lebih Memahami Analisis SWOT Dalam Bisnis. Jakarta: Kata Pena
Tambunan, T. S. (2020). SWOT Analysis for Tourism Development Strategy of Samosir Regency. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 4(2). https://doi.org/10.20473/tijab.v4.i2.2020.90-105
Tarigan, A. F., Sudiarta, I. N., & Eka, M. N. P. (2018). Strategi Bauran Pemasaran Wine Sebagai Sarana Penunjang Pariwisata (Studi Kasus PT. Sababay Winery Bali). Jurnal IPTA, 6(1), 20–31.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2012), Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI.
Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi Segmenting, Targeting Posistioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok di Cilacap. AJIE, 1(3). https://doi.org/10.20885/ajie.vol1.iss3.art2
Yoeti, Oka A. (1996). Pengertian Pariwisata. Jurnal Saintek Perikanan, 5.