Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Bintang Tiga Di Bandung Utara

Penulis

  • Tia Listiaty Publikasi
  • Sri Marini Akademi Pariwisata NHI

Kata Kunci:

Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di hotel Bandung Utara.  Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu manajemen sumber daya manusia bagi perusahaan sejenis maupun para praktisi.

            Penelitian dilakukan pada hotel di Bandung Utara (Hotel Ardan, Hotel Nalendra dan Hotel Isola). Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan penelitian kuantitatif.  Sedangkan tipe penelitiannya berupa Descriptive Research dan Verificative Explanation Research dengan time horizon datanya berupa cross-sectional yang mencerminkan gambaran dari suatu keadaan pada suatu saat tertentu.  Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan metode statistik analisis jalur (path analysis).

            Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan perluasan dari analisis regresi berganda diperoleh hasil yaitu Y = 0,698X1 + 0,200X2 + ε1, dari persamaan tersebut hasil perhitungan yang didapat R Square sebesar 0,70 dan koefisien determinan sebesar 70%.

            Hasil pengujian penelitian ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja baik secara simultan maupun secara parsial.

 

 

Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi dan Kinerja Pegawai.

 

 

Referensi

Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Penerbit Aswaja Pressindo.

Abraham Sperling. (1987). Psychology : Made Simple”. London, The Publisher W. H. Allen & Co. Ltd.

Agung Setiawan (2013), Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong. (2008). Performance Management : The New Realites. Instiute of Personel and Development, New York.

Bangun. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Erlangga.

Brahmasari & Suprayetno. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hei International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 10, September: 124-135.

Elliot et al. 2000. Educational Psychology: Efective Teaching, Effective Learning, 3rd edition. United States of America: Mc Graw Hill Companies

Farida, S.I. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sarimelati Kencaba Pizza Hut Delivery Cabang Ciputat. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol. 1(2).

Hasibuan. (2016). Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.

Kalsum, ER Ummi, Disertasi, “Determinan Faktor Pembentuk Budaya Organisasi Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pelayanan”. Universitas Pasundan, Bandung, 2017.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mahmudi, 2010, Manajemen Kinerja Sektor Publik, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Mathis & Jackson. 2011. Human Resource Management (edisi 10). Jakarta : Salemba Empat

Mangkunegara. 2008. Sumber Daya Manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya: Bandung

Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta.

Rivai. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Robbins & Coutler. (2014). Management (Twelfth Edition). United States : Pearson Education Limited

Atrianegara, M.Fais. 2014. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Siagian. (2003). Teori dan Praktek Kepemimpinan (Cetakan Kelima). Jakarta : Rineka Cipta

Siswandi, Skripsi, “Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi Internal dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pand’s Collection Semarang”, 2014

Slamet. 2007. Kiat Meningkatkan Kinerja, Cetakan Pertama. PT. Rineka Cipta ; Jakarta.

Stanton. (1981). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Stanford. (1969). Human Resource Management. Fourteenth Edition. McGraw Hill. New York.

Sudarmanto. 2014. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM (Teori, Dimensi Pengukuran dan Implementasi dalam Organisasi). Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Suwithi (2008). Akomodasi Perhotelan Jilid 1. Jakarta: Depdiknas.

Thoha, (2010). Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta : Rajawali Pers.

Wursanto. 2002. Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi

Wirawan. 2012. Evaluasi:Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Depok PT Raja Grafindo Persada.

Yukl, Gary. 2011. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Edisi Indonesia. Cetakan Kesebelas. Jakarta: PT Indeks.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

Listiaty, T., & Marini, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Bintang Tiga Di Bandung Utara. JURNAL PARIWISATA VOKASI, 2(2), 34–46. Diambil dari https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/20