Tinjauan Minat Beli Pelanggan Di Komuka Kafe Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.60038/jpv.v5i1.92Kata Kunci:
: Minat Beli, Pelanggan, KafeAbstrak
Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui minat beli pelanggan Komuka kafe Jakarta. Masalah dalam penelitian adalah bagaimana minat transaksional, minat preferensial, minat referensial dan minat eksploratif pelanggan dalam membeli produk. Metode penelitian adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa minat beli pelanggan di Komuka Kafe Jakarta belum dalam kategori baik. Saran yang diberikan adalah perlunya mengembangkan variasi produk makanan dan minuman, sehingga dengan banyaknya pilihan yang disediakan dapat meningkatkan minat transaksionalnya. Mengembangkan inovasi dalam hal dekorasi ruangan dan membangun suasana kafe yang lebih baik sehingga hal itu dapat meningkatkan inisiatif pelanggan untuk membagikan komentar positifnya dan merekomendasikan kafe kepada pelanggan lain. Pemberian potongan harga atau harga spesial bagi pelanggan loyal untuk memungkinkan pelanggan lebih memprioritaskan lokus sebagai tempat tujuan berkunjung. Memperluas iklan dan promosi untuk meningkatkan minat eksploratif pelanggannya. Dalam hal sosial media peneliti menyarankan agar lebih diperhatikan dan diperbaharui info-info terbaru, agar berpengaruh pada minat beli pelanggan.
Referensi
Arianto, N., Sabta Ad Difa. (2020). Pengaruh Kualitass Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol 3 (2), Hal 112.
Aziz, M.L., Sulistiono. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen, Periklanan, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen The Jungleland Adventure Theme Park Studi Kasus Studi Kasus pada Mahasiswa STIE Kesatuan. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, Vol 1 (1), Hal 44.
BPS. (2013). Pertumbuhan Restoran dan Café Periode 2013-2017. bps.go.id. Diakses 21 November 2023
Budiaji, Weksi. 2013. Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, (online), 2 (2): 127-133 (www.budiaji.info/publications/skalalikert.pdf), diakses pada 5 Maret 2018.
Hummairah, S., (2023). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Di Threeburn Coffee And Store Kota Palembang. Palembang : Universitas Tridinanti Palembang.
Karmilah, S., Yono. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UMKM Keripik Singkong Wahana Snack, Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vol 4 (3), Hal 762.
Munisari, D., Dony A., (2018). Analisis Potensi Obyek Wisata Desa Sempalai Sebedang Kecamatan Sebawi Kabupaten Sambas Tahun 2018. Pontianak : IKIP PGRI Pontianak.
Nararya,Ananda.2019. Gurihnya Industri Kuliner Bikin Ekonomi Nasional Menggeliat.https://economy.okezone.com/read/2019/01/06/320/2000558/gurihnya-industri-kuliner-bikin-ekonomi-nasional-menggeliat. Diakses 28 Agustus 2019
Nuraeni, D.S., Bethani Suryawardani. (2017) Analisis Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada PT.NIION Indonesia Utama Pada Tahun 2017, Jurnal e-Proceeding of Applied Science, Vol 3 (2), Hal 283.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Safangati, A., Septiadi, N., I Putu, R, D, T., Jerry, H. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Seorang Pemimpin pada Level Middle Management dalam Pengambilan Keputusan di PT Citylink Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 6 (1), Hal 147.
Petra Surabaya : Universitas Kristen Petra.Vol. 2(1), hal 1-6.
Magdalena, C., (2017). Pengaruh Kualitas Pelayana Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada One Eighty Coffee Bandung. Bandung : Universitas Kristen Maranatha Bandung.