KEPUASAN PELAYANAN DI RESTORAN BUTTERCUP BOULANGERIE BANDUNG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelayanan konsumen di restoran Buttercup Boulangerie Bandung. Metode pengumpulan yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara penyebaran kuesioner, observasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kepuasan pelayanan konsumen di restoran Buttercup Boulangerie Bandung masih dalam kategori kurang. Masalah dalam penelitian: 1) Bagaimana kepuasan pelayanan pelanggan di restoran Buttercup Boulangerie Bandung?; 2) Bagaimana tingkat frekuensi pelanggan dalam membeli produk di Restoran Buttercup Boulangerie Bandung?; 3) Bagaimana pelanggan dalam merekomendasikan Restoran Buttercup Boulangerie Bandung kepada konsumen lain?; dan 4) Bagaimana keterpenuhan harapan pelanggan setelah membeli produk di Restoran Buttercup Boulangerie Bandung?. Saran yang diberikan untuk pemecahan masalah adalah: 1) Restoran Buttercup Boulangerie Bandung perlu mengembangkan variasi produk makanan dan minuman, sehingga dengan ada banyaknya pilihan bagi pelanggan hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Menjaga dan mempertahankan kualitas makanan yang disajikan dalam kondisi fresh serta memiliki penampilan dan cita rasa yang baik 2) lebih memperluas iklan dan promosi melalui sosial media untuk meningkatkan frekuensi pelanggan dalam membeli di Restoran Buttercup Boulangerie Bandung 3) mengembangkan inovasi dalam hal dekorasi ruangan dan membangun suasana restoran yang lebih baik sehingga hal itu dapat meningkatkan inisiatif pelanggan untuk mengunggah restoran ke sosial media dan mendorong pelanggan dalam merekomendasikan restoran untuk penyelenggaraan suatu acara 4) Pelanggan Restoran Buttercup Boulangerie Bandung memberikan respon yang positif terhadap keterpenuhan harapan pelanggan, hal ini perlu dipertahankan serta ditingkatkan agar dapat dimaksimalkan.
Referensi
Aryani, D dan Rosinta, F. 2010. Pengaruh kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan
Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan
Organisasi.Vol.17 (2), hal 114-126.
|
Jurnal Pariwisata Vokasi (JPV) Volume 1 No. 1, Desember 2020
Aditia, Indra dan Suhaji. 2012. Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan
Pada UD Pandan Wangi Semarang. Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis Semarang:
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala. Vol. 1 (1), hal 1-19.
Greenberg, P. 2010. Customer Relationship Management as the Speed of Light: Fourth
Edition McGraw-Hill.
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan
Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Irawan, H. 2009. Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13 Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2013. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa
Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Prenhalindo. Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Luwis, Nadia dan Harsini, Mursi. 2010. Bisnis Busana Muslim. Jakarta: Penebar Plus.
Nararya, Ananda. 2019. Gurihnya Industri Kuliner Bikin Ekonomi Nasional
Menggeliat.https://economy.okezone.com/read/2019/01/06/320/2000558/gurihnyaindustri-
kuliner-bikin-ekonomi-nasional-menggeliat. Diakses 28 Agustus 2019.
Nugroho, Dwi Mulyono. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Layanan, dan
Harga Produk Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap
Loyalitas Pelanggan Prabayar Telkomsel. Jurnal OE.Vol. 7 (2), hal 158-174
Ratnasari, Ririn Tri dan Mastuti Aksa. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Penerbit
Ghalia Indonesia.
Riadi, Muchlisin. 2017. Pengertian Jenis dan Sistem Pelayanan Restoran.
https://www.kajianpustaka.com/2017/11/pengertian-jenis-dan-sistem-pelayananrestran.
html. Diakses 17 Agustus 2019.
Schiffman, Leon G dan Leslie Lazak Kanuk. 2007. Consumer behaviour. Ninth Edition.
Pearson Education, Inc New. Jersey.
Sugianto, Jimmy dan Sugiono, Sugiharto. 2013. Analisa Pengaruh Service Quality, Food
Quality, Dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya.
Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Surabaya: Universitas Kristen Petra. Vol. 1 (2),
hal 1-10.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumali, Ernest Amando. 2014. Pengaruh Perceived Quality dan Push Strategy terhadap
Rekomendasi Minyak Gosok SanHong Cap Pida. Jurnal Manajemen Pemasaran
Petra Surabaya : Universitas Kristen Petra.Vol. 2(1), hal 1-6.
Tomoutou. 2018. Peluang Bisnis di Bandung Tahun 2018, Penginapan dan Kuliner.
https://tumoutounews.com/2018/05/01/peluang-bisnis-di-bandung-tahun-2018-
penginapan-dan-kuliner/. Diakses 19 Agustus 2019.
Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner dan Dwayne D. Gremler. 2009. Services Marketing –
Integrating Customer Focus Across The Firm 5th Edition. McGraw-Hill : New York.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Sri Marini
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.