Komunikasi Internal Department Front Office Di Hotel Moxy Bandung

Penulis

  • Superiwratni superwiratni Akademi Pariwisata NHI Bandung
  • Eres Prmono Akademi Pariwisata NHI Bandung

Kata Kunci:

komunikasi, Komunikasi Veritikal, Komunikasi Horizontal, Front office, Recep, Receptionist

Abstrak

Dalam penelitian ini focus kepada komunikasi antara atasan dan bawahan di Front Office Moxcy Hotel dimana terjalinnya komunikasi yang baik sangat penting untuk mencapai suatu tujuan di kantor depan untuk menghasilkan kinerja karyawan dan menimbulkan citra hotel yang baik. Hotel Moxy Bandung pun menerapkan komunikasi vertikal arus kebawah dari Atasan kepada Supervisor kantor depan sampai dengan resepsionis. Adanya penyampaian informasi atau pesan yang disampaikan dari atasan kantor depan sampai dengan resepsionis yang berupa pemberian tugas, penjelasan mengenai tugas dan sebgainya. Manfaat terjalinnya komunikasi horizontal yang baik adalah karyawan dapat memperbaiki koordinasi tugas yang diberikan dari atasan sehingga karyawan dapat bekerjasama melakukan tugas yang telah diberikan oleh atasan, tidak hanya itu karyawan dapat memecahkan masalah bersama hingga menemukan solusi untuk masalah tersebut. Penelitian ini mempergunakan skala likert dengan menyebarkan kuesioner.

Referensi

Daftar Pustaka

Agusnawar. 2013. Receptionist Hotel . Indonesia : Gramedia Pustaka Utama.

Brennan dalam Ruliana .2014.Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Rajawali Pers

Effendy dalam Penulisan Ruliana. 2014. .Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Rajawali Pers

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta :

Prestasi Pustakakarya.

Prasetyo Prakoso .2017. Front Office Praktis. Jakarta : Gava Media.

Rumekso. 2002 .Housekeeping Hotel. Yogyakarta: Andi

Stainback dalam Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Umar.2013. Bauran Pemasaran Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.s

Utama & Mahadewi.2012. Metodelogi Penelitian dan Pariwisata. Indonesia: Andi Offset

Wiyasha 2010. Akutansi Untuk Hotel dan anajemen. Yogyakarta:Andi

Wiyasha, IBBM. 2011. F&B Cost Control Edisi 2. Yogyakarta. Penerbit Andi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-02

Cara Mengutip

superwiratni, S., & Prmono, E. (2023). Komunikasi Internal Department Front Office Di Hotel Moxy Bandung. JURNAL PARIWISATA VOKASI, 3(2), 20–36. Diambil dari https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/31