Kepuasan Pelanggan Di Bumi Sunda Resto Bandung

Penulis

  • Idham Sakti Wibawa Akademi Pariwisata NHI Bandung
  • Eka Nursyashinta Adel Akademi Pariwisata NHI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.60038/jpv.v5i1.91

Kata Kunci:

Kepuasan, Restoran, Pelanggan

Abstrak

Kepuasan pelanggan salah satu aspek penting khususnya dalam dunia restoran,
karena denan memastikan pelanggan merasa puas bisa membuat bisnis terus
berjalan dan peningkatan dalam pendapatan, namun dalam praktek nya
kepuasaan pelanggan merupakan salah satu point yang jarang diukur karena
satu dan lain hal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat
kepuasan tamu di Bumi Sunda Resto. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan
secara menyeluruh mengenai apa yang terjadi di lokus penelitian, sebanyak 43
sampel diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil dari penelitian ini
didapati hasil bahwa kondisi kepuasan tamu di Bumi Sunda Resto dinyatakan
tidak puas.

Kata Kunci: Kepuasan, Pelanggan, Restoran

Referensi

Hardyasar, Arthur, Jualiana R. Mandei, dan Joachim N.K. Dumais. (2017). “Tingkat

Kepuasan Konsumen Restoran Pondok Hijau Kota Manado”. Agri-SosioEkonomi Unsrat,

ISSN 1907- 4298, Volume 13 Nomor 3 A, (hlm.157-172).

Hermawan, H. (2020). “Meningkatkan Kompetensi Pengelola Wisata Desa melalui

Penyuluhan Pelayanan Prima”. Abdimas Pariwisata, Vol. 1 No. 1, 1-10.

Ningsih, Dwiki Setia. & Andy. (2022). “Pengaruh Harga , Suasana Kafe, dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warunk Upnormal Cabang Modernland”.

https://jurnal.kdi.or.id/index.php/ef Vol. 4, No. 2, 1-9.

Novrianto, J. (2016). “Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Sop Tnjang Pertama

(M1) Di Pekanbaru”. Jurnal Valuta Vol. 2, No.2, 1-19.

Putro dkk. (2014). “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk

Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden

Surabaya”. Jurnal Managemen Pemasaran Vol. 2, No. 1, 1-9.

Suhartapa. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan TerhadapKepuasan Wisatawan Di

Taman Indonesia Kaya Semarang”. Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol. 13, No. 2, 1-9.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2019). Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: ANDI

(Anggota IKAPI)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-03

Cara Mengutip

Sakti Wibawa, I., & Nursyashinta Adel, E. (2024). Kepuasan Pelanggan Di Bumi Sunda Resto Bandung . JURNAL PARIWISATA VOKASI, 5(1), 31–42. https://doi.org/10.60038/jpv.v5i1.91