KUALITAS PELAYANAN RECEPTIONIS DI HOTEL INTERCONTINENTAL BANDUNG DAGO PAKAR
DOI:
https://doi.org/10.60038/jpv.v4i2.85Kata Kunci:
Front Office, Kualitas Pelayanan, ResepsionisAbstrak
Di bagian hotel mempunyai peranan penting untuk menunjang kelancaran operasional dimana bagian itu kita kenal sebagai front office department. Menurut Bagyono (2006:21) yaitu “Front Office berasal dari bahasa inggris “front” yang artinya depan, dan “Office” berarti kantor. Jadi Front Office adalah Kantor Depan. Dalam konteks pengertian hotel, Kantor Depan merupakan sebuah departemen di hotel yang letaknya di bagian depan. Tepatnya tidak begitu jauh dari pintu depan hotel atau lobby.”
Peranan kantor depan sangatlah penting karena hampir departemen semua bergantung kepada departemen kantor depan. Dengan tidak adanya kantor depan kegiatan hotel akan terhambat dan operasional tidak akan berjalan dengan maksimal. Data yang penulis gunakan yaitu data sekunder dan data primer. Data sekunder adalah data yang di dapatkan tidak secara langsung dari objek atau subjek penelitian dan biasanya bersumber dari teori- teori yang mendukung penelitian, sedangkan data primer adalah data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh peneliti langsung dari subjek atau objek penelitian.
Referensi
Agusnawar. 2000. Operasional Tata Graha Hotel. Jakarta : PT Gramedia Pustaka utama Agustinus, Darsono. 2011. Housekeeping Hotel. Jakarta : PT Gramedia.Widiasarana.
Anwar, Suroyo. 2009. Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interview, Kuesioner dan Sasiometri. Yogayakarta : Pustaka Pelajar
Anwar, I. 2012 Dasar-Dasar Statiska. Bandung : Alfabeta
Bagyono. 2006. Management Housekeeping Hotel. Bandung : Alfabeta Coutler, &. Robbins. 2007. Manajemen. Jakarta : PT Indeks.
Endah Nur Fatimah, dkk. 2015. Mudah Menyusun SOP. Indonesia : Pustaka Baru Press. Indah Puji Hartatik,2014. Buku Pintar membuat SOP. Yogyakarta
Nazir, Mohammad. 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia. Orbani, L. 2017. Housekeeping Passport. Yogyakarta : Andi Publisher. Rumekso. 2005. Housekeeping Hotel Floor Section. Yogyakarta : Andi. Sedarmayanti, H. 2002. Metedologi Penelitian. Bandung : Mandar Maju Suardeyasasri. 2010. Metode Penelitian Kualitif. Jakarta : PT Gramedia
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Ilmiah Administrasi. Jakarta
Sulastiyono, A. 2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung : Alfabeta, cv
Rianse, Usman dan Abdi. 2011. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi : Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta
Tucker, G. Dan Schneider, M. 2000. The professional Housekeeper 4th Edition. USA : John Wiley & Son, Inc.