ANALISIS IMPLEMENTASI POSITIONING DI COFFEE TEA & STUDIO ROSID BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN

Penulis

  • Indah Saodah universitas pendidikan indonesia
  • Agus Sudono Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gilang Putra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.60038/jpv.v4i2.83

Kata Kunci:

Positioning, Persepsi Konsumen, Cafe

Abstrak

Coffee Tea & Studio Rosid merupakan cafe sekaligus studio seni di Bandung yang menyediakan makanan dan minuman. Tempat yang kental akan unsur budaya dan hasil karya seni ini menjadi ciri khas tersendiri bagi Coffee Tea & Studio Rosid. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan positioning di Coffee Tea & Studio Rosid yaitu (atribut, manfaat, penggunaan/penerapan, kategori produk, harga dan kualitas) berdasarkan persepsi konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis statistik deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini ialah konsumen yang sudah pernah berkunjung dan membeli produk di Coffee Tea & Studio Rosid. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara kepada owner,pegawai, dan juga melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen Coffee Tea & Studio Rosid. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa positioning berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen. Kemudian hipotesis dapat dibuktikan dengan menggunakan uji F dan uji t yang masing - masing membandingkan tabel dengan nilai F dan t hitung. Dari uji F diperoleh bahwa nilai F hitung > F tabel (50,92 > 2,31), dengan menggunakan hasil ini dapat dibuat kesimpulan bahwa ada pengaruh simultan variabel bebas terhadap variabel terikat. ttabel digunakan untuk menghitung pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Nilai t hitung untuk variabel positioning seluruh dimensinya memiliki niat t hitung > 1,986, sehingga hipotesis untuk variabel ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen  ialah  variabel  atribut,  manfaat,  penggunaan/penerapan,  kategori  produk, harga dan kualitas.

Referensi

Arief, Rachman, & Abd. (2005). Pengantar llmu Perhotelan dan Restoran. Graha

Ilmu.

Kotler, P. (1997). Principles of marketing (4th ed.).

Kotler, P. (2002). Analisis Manajemen Pemasaran , Perencanaan, lmpementasi dan Pengendalian. 1(3), 89.

Pradesyah, R. (2017). Analisis Pengaruh Non Performing Loan, Dana Pihak Ketiga, Terhadap Pembiayaan Akad Mudharabah di Bank Syariah. lntiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan lslam, 9(1),93-111. https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1 085

Sunaryo. (2004). Syarat Terjadinya Persepsi. EGC.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi.

Toha, M. (2003). Perilaku Oganisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada.

Wilson A, Z. V. B. M. G. D. (2008). Services marketing: integrating customer focus across the firm. (First European). McGraw Hill.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10

Cara Mengutip

Saodah, I., Sudono, A., & Putra, G. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI POSITIONING DI COFFEE TEA & STUDIO ROSID BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN. JURNAL PARIWISATA VOKASI, 4(2), 37–45. https://doi.org/10.60038/jpv.v4i2.83

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama