KOMPETENSI KARYAWAN BUTLER DI PADMA HOTEL BANDUNG

Penulis

  • Antonius Iskandar Akademi Pariwisata NHI Bandung
  • Michael Prana Yoga Siahaan Akademi Pariwisata NHI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.60038/jpv.v4i1.58

Kata Kunci:

kompetensi, butler, hotel padma

Abstrak

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mengkaji tingkat Kompetensi Karywan Butler di Padma Hotel Bandung.

Penelitian ini dilaksanakan di Padma Hotel Bandung& Towers dengan populasi Front Office Manager dan karyawan Butler sebanyak 11 orang. Metode Penelitian yang dipergunakan adalah metode yang bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan analisis kontinum.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Tingkat Pengetahuan Butler di Padma Hotel Bandung termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 262,00;  2) Tingkat Keterampilan Butler di Padma Hotel Bandung berada pada kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 203,00;  3) Tingkat sikap butler di Padma Hotel Bandung mengikat berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 221,00. Hasil keseluruhan analisis pada tingkat 1) Pengetahuan berada pada kategori Baik; 2) Keterampilan berada pada kategori Baik; 3) Sikap berada pada kategori Cukup.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurang optimalnya kompetensi karyawan Butler di Padma Hotel Bandung.

Referensi

A, Yoeti Oka, 2013, Hotel Customer Service, Jakarta: PT. Perca

Agusnawar, 2013, Pengantar Operational Kantor depan Hotel. Jakarta: PT. Perca

Bafadhal, Aniesa Samira, 2018, Perencanaan Bisnis Pariwisata. Malang: UB. Press

Kaswan, 2012. Coaching dan Mentoring, Bandung: Alfabeta CV.

Listio, Roland, 2010. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap kinerja

karyawan. Bandung: Jurnal Tesis

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudarmanto, 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implentasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiarto, Endar. 2004. Operational Kantor depan Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta CV

Sulastiyono, Agus, 2007. Teknik dan Prosedure Divisi kamar pada bidang hotel. Bandung: Alfabeta CV.

Suwatno, and Priansa, D. J. (2013). Manajemen SDM. Bandung: Alfabeta CV.

Suwithi, Ni Wayan, 2010. Pengelolaan Hotel Training Berdasarkan Prinsip Manajemen Hotel Berbintang. Bandung: Alfabeta CV

Suyono, Djoko dkk (2019). Panduan Penyusunan Tugas Akhir Program D-III.

Bandung: AKPAR NHI

Tarmoezi, Trizno and Heldin Manurung, 2000. Professional Hotel Front Liner. Jakarta: Kesaint Blanc

Wibowo, 2016. Budaya Organisasi Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta: Rajawali Persada.

Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja Edisi Kelima. Jakarta: Rajawali Persada.

Wijaya, Chandra, 2017. Perilaku Organisasi. Medan: LPPPI (Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Winanti, Marliana. Pengaruh Kompetensi terhadap kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah

Yuniarsih, Tjuju dan Suwatno, 2016. Manajemen Sumber daya Manusia. Bandung: Alfabeta CV

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Iskandar, A., & Prana Yoga Siahaan, M. . (2023). KOMPETENSI KARYAWAN BUTLER DI PADMA HOTEL BANDUNG. JURNAL PARIWISATA VOKASI, 4(1), 33–50. https://doi.org/10.60038/jpv.v4i1.58