KOMPETENSI KARYAWAN BUTLER DI PADMA HOTEL BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.60038/jpv.v4i1.58Kata Kunci:
kompetensi, butler, hotel padmaAbstrak
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mengkaji tingkat Kompetensi Karywan Butler di Padma Hotel Bandung.
Penelitian ini dilaksanakan di Padma Hotel Bandung& Towers dengan populasi Front Office Manager dan karyawan Butler sebanyak 11 orang. Metode Penelitian yang dipergunakan adalah metode yang bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan analisis kontinum.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Tingkat Pengetahuan Butler di Padma Hotel Bandung termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 262,00; 2) Tingkat Keterampilan Butler di Padma Hotel Bandung berada pada kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 203,00; 3) Tingkat sikap butler di Padma Hotel Bandung mengikat berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 221,00. Hasil keseluruhan analisis pada tingkat 1) Pengetahuan berada pada kategori Baik; 2) Keterampilan berada pada kategori Baik; 3) Sikap berada pada kategori Cukup.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurang optimalnya kompetensi karyawan Butler di Padma Hotel Bandung.
Referensi
A, Yoeti Oka, 2013, Hotel Customer Service, Jakarta: PT. Perca
Agusnawar, 2013, Pengantar Operational Kantor depan Hotel. Jakarta: PT. Perca
Bafadhal, Aniesa Samira, 2018, Perencanaan Bisnis Pariwisata. Malang: UB. Press
Kaswan, 2012. Coaching dan Mentoring, Bandung: Alfabeta CV.
Listio, Roland, 2010. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap kinerja
karyawan. Bandung: Jurnal Tesis
Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudarmanto, 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implentasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiarto, Endar. 2004. Operational Kantor depan Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta CV
Sulastiyono, Agus, 2007. Teknik dan Prosedure Divisi kamar pada bidang hotel. Bandung: Alfabeta CV.
Suwatno, and Priansa, D. J. (2013). Manajemen SDM. Bandung: Alfabeta CV.
Suwithi, Ni Wayan, 2010. Pengelolaan Hotel Training Berdasarkan Prinsip Manajemen Hotel Berbintang. Bandung: Alfabeta CV
Suyono, Djoko dkk (2019). Panduan Penyusunan Tugas Akhir Program D-III.
Bandung: AKPAR NHI
Tarmoezi, Trizno and Heldin Manurung, 2000. Professional Hotel Front Liner. Jakarta: Kesaint Blanc
Wibowo, 2016. Budaya Organisasi Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta: Rajawali Persada.
Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja Edisi Kelima. Jakarta: Rajawali Persada.
Wijaya, Chandra, 2017. Perilaku Organisasi. Medan: LPPPI (Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Winanti, Marliana. Pengaruh Kompetensi terhadap kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah
Yuniarsih, Tjuju dan Suwatno, 2016. Manajemen Sumber daya Manusia. Bandung: Alfabeta CV