STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAYANAN PRAMUSAJI DI FEAST RESTAURANT SHERATON BANDUNG HOTEL & TOWERS

Penulis

  • Antonius Iskandar Akademi Pariwisata NHI Bandung
  • Acep Akbar Fernando

Abstrak

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mengkaji pelaksanaan Standar Opersional Prosedur Pelayanan Pramusaji Di Feast Restaurant Shearton Bandung Hotel & Towers.

Penelitian ini dilaksanakan di Feast Restaurant Shearton Bandung Hotel & Towers dengan populasi Supervisor dan Manajer sebanyak 4 orang. Metode Penelitian yang dipergunakan adalah metode yang bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan analisis kontinum.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Tingkat Konsistensi di Feast Restaurant Shearton Bandung Hotel & Towers termasuk dalam kategori kadang-kadang dengan skor rata-rata sebesar 36,00;  2) Tingkat Komitmen berada pada kategori selalu dengan skor rata-rata sebesar 39,00;  3) Tingkat pelaksanaan mengikat berada pada kategori kadang-kadang dengan skor rata-rata 49,00;  4) Tingkat Peranan Seluruh Unsur berada pada kategori Selalu dengan skor rata-rata 42,00; 5) Tingkat Prosedur Penyempurnaan berada pada kategori Kadang-kadang dengan skor rata-rata 43,00; 6) Tingkat Pendokumentasian berada pada kategori Kadang-kadang dengan skor rata-rata 42,00. Hasil keseluruhan analisis pada tingkat 1) Konsistensi berada pada kategori Cukup; 2) Komitmen berada pada kategori Baik; 3) Bentuk Pelaksanaan Mengikat berada pada kategori Cukup; 4) Perananan Seluruh Unsur berada pada kategori Baik; 5) Penyempurnaan berada pada kategori Cukup; 6) Pendokumentasian berada pada kategori Cukup.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurang optimalnya pelaksanaan standar operasional prosedur pelayanan pramusaji di Feast Restaurant Sheraton Bandung Hotel & Towers.

Referensi

bimbingan

Diterbitkan

2022-08-05

Cara Mengutip

Iskandar, A., & Fernando, A. A. . (2022). STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAYANAN PRAMUSAJI DI FEAST RESTAURANT SHERATON BANDUNG HOTEL & TOWERS. JURNAL PARIWISATA VOKASI, 3(1), 42–55. Diambil dari https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/26