TINJAUAN PROFESIONALITAS KARYAWAN KANTOR DEPAN HOTEL DILIHAT DARI PERSPEKTIF KOMPETENSI KARYAWAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalitas karyawan dilihat dari persepektif kompetensi kantor depan di The Luxton Hotel Bandung. Metode pengumpulan yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara penyebaran kuesioner, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bahwa secara umum kompetensi karyawan kantor depan di The Luxton Hotel Bandung dapat diklasifikasikan baik, hanya saja masih ada dimensi yang perlu diperhatikan, yaitu dimensi sikap. Dimana seorang karyawan dikatakan berkompetensi apabila karyawan tersebut dilandasi atas pengetahuan, keterampilan serta sikap kerja, sehingga profesionalitasnya masih diragukan. Masalah dalam penelitian: 1) Bagaimana pengetahuan karyawan kantor depan di Luxton Hotel Bandung?, 2) Bagaimana keterampilan karyawan kantor depam di Luxton Hotel Bandung? dan 3) Bagaimana sikap perilaku karyawan kantor depan di Luxton Hotel Bandung?. Saran yang diberikan untuk pemecahan masalah adalah: 1) Manager harus senantiasa membimbing dan memberikan hal – hal mengenai pengetahuan baru sesuai dengan bidangnya. Serta memotivasi dengan cara memberikan contoh yang baik agar karyawan termotivasi untuk mengasah pengetahuan baru. 2) Pihak manajemen dihimbau memberikan program – program pendidikan dan training yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan agar keterampilan dan kemampuan karyawan dalam bekerja jauh lebih baik lagi, salah satu nya seperti tentang pelatihan SOP yang berhubungan dengan kantor depan secara berkala dan sistematis. 3) Dimensi sikap ini sudah cukup tetapi belum optimal dan belum memenuhi harapan. Oleh karena itu penulis dapat memberikan saran kepada pihak manajemen agar memberikan kelas pelatihan dengan contoh materi pentingnya sikap dalam bekerja, menjelaskan tentang efek baik mempunyai sikap dalam bekerja yang baik dan menjelaskan efek buruk dari tidak mempunyai sikap yang baik pada saat bekerja
Referensi
Azwar, Saifuddin. 2012. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty
Bagyono. 2006. Hotel Front Office. Bandung: Alfabeta
Hutapea, Parulian dan Nurianna Thoha. 2008. Kompetensi Plus. Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama.
Manullang. 2012. Dasar – Dasar Manajemen Bagi Pimpinan Perusahaan. Jakarta: Gajah
Mada Press.
Mar’at. 2000. Sikap Manusia : Perubahan dan Pengukuran. Bandung: Ghalia
Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia.
Notoatmodjo, 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Palan, R. 2007. Competency Management. Teknis Mengimplementasikan Manajemen SDM
Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi PPM. Jakarta
Sabri, M, Alisuf, 2010. Psikologi Pendidikan berdasarkan Kurikulum Nasional. Jakarta:
Pedoman Ilmu Raya.
Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
Soelaiman, 2007. Manajemen Kinerja ; Langkah Efektif untuk Membangun, Mengendalikan
dan Evaluasi Kerja, Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Intermedia Personalia Utama
Sudarmanto, 2015. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Teori, Dimensi
Pengukuran, dan Implentasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV
Sustrisno, Edi, Iswanto, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Suwatno, dkk. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta
Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja Edisi Kelima. Jakarta: Rajawali Persada
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Lu'luwatin Rosdiana Aprilia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.