HYGIENE PENGELOLAAN MAKANAN DI CV MITRA JAYA KATERING BANDUNG

Penulis

  • Ita Karnita Akademi Pariwisata NHI Bandung
  • Yosua Yordan Yurianto Akademi Pariwisata NHI Bandung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan standar Personal hygiene, Kebersihan makanan dan kebersihan dapur di CV. Mitra Jaya Katering Bandung. Metode pengumpulan yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara penyebaran kuesioner, observasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan personal hygiene, kebersihan makanan dan kebersihan dapur di CV Mitra Jaya Katering Bandung standar masih dalam kategori kurang. Masalah dalam penelitian: 1) Bagaimana Personal hygiene para karyawan CV Mitra Jaya Katering? 2) Bagaimana Kebersihan makanan di CV Mitra Jaya Katering? 3) Bagaimana Kebersihan area dapur CV Mitra Jaya Katering? Bagaimana personal hygiene para karyawan di CV. Mitra Jaya Katering? 2) Bagaimana kebersihan makanan di CV. Mitra Jaya Katering?. Saran yang diberikan untuk pemecahan masalah adalah :1) Dalam upaya meningkatkan personal Hygiene para karyawan dibutuhkan pelatihan khusus agar para karyawan mengetahui dengan benar betapa pentingnya menjaga kebersihan diri dalam bekerja di bidang jasa boga, sehingga kualitas makanan yang dikelola dapat selalu terjaga kualitasnya 2) Dalam upaya meningkatkan kebersihan pengelolaan makanan penulis menyarankan agar fasilitas penyimpanan makanan dibenahi dan karyawan diberikan pengetahuan tentang penyimpanan bahan makanan sesuai dengan kualifikasinya. Dengan pengetahuan seadanya membuat karyawan tidak mementingkan peletakkan bahan makanan sesuai dengan tempatnya.3) Dalam upaya menjaga kebersihan dapur diperlukan instruksi dari pemilik agar setiap hari dapur dibersihkan secara berkala, juga perlu adanya pembenahan ventilasi udara dan penerangan di dapur agar dapat menunjang para pekerja dalam bekerja karena akan berpengaruh pada kualitas makanan yang di hasilkan serta keselamatan dalam bekerja.

Referensi

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatonah S. Higiene dan Sanitasi Makanan. Semarang : Universitas NegriSemarang Press; 2005.

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi revisi cetakan ke tiga belas). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Purnawijayanti. 2009. Mie Sehat (Cara Pembuatan, Resep-Resep Olahan, dan Peluang Bisnis). Yogyakarta: Kanisius.

Sihite R. 2000. Sanitation & Hygiene. Surabaya: SIC.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Supriyati. 2011. Metodologi Penelitian.Bandung: Labkat press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-03

Cara Mengutip

Karnita, I., & Yurianto, Y. Y. (2021). HYGIENE PENGELOLAAN MAKANAN DI CV MITRA JAYA KATERING BANDUNG. JURNAL PARIWISATA VOKASI, 1(1), 1–10. Diambil dari https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/3