TINJAUAN BAURAN PEMASARAN DI CITY EDGE CAFE JATINANGOR
DOI:
https://doi.org/10.60038/jpv.v5i2.112Kata Kunci:
Bauran Pemasaran, Aspek Produk, Harga, Tempat, Promosi, Kepuasan PelangganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas bauran pemasaran di City Edge Café Jatinangor dengan fokus pada empat elemen utama yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Menggunakan skala Likert, penelitian ini mengevaluasi persepsi pelanggan terhadap kinerja setiap aspek bauran pemasaran dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Metode penelitian adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dan observasi.
Hasil penelitian aspek produk kategori "Cukup" (54%), masih memiliki potensi perbaikan dalam inovasi dan keberagaman menu. Aspek harga dalam kategori "Cukup" (42%), dengan tantangan pada transparansi daftar harga, potongan harga, dan harga terjangkau yang perlu ditangani. Penilaian terhadap aspek tempat menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, dengan kategori "Cukup" (32%) dan "Kurang" (39%), menandakan perlunya peningkatan dalam pemilihan lokasi, kemudahan akses, fasilitas, dan visibilitas tempat usaha. Aspek promosi mendapatkan penilaian "Tidak Baik", dengan dominasi kategori "Cukup" (46%) dan "Kurang" (31%), menunjukkan kekurangan dalam efektivitas pesan promosi, inovasi strategi, dan frekuensi promosi
Referensi
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2015). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Booms, B. H., & Bitner, M. J. (1981). Marketing strategies and organization structures for service firms. In J. Donnelly & W. George (Eds.), Marketing of Services (pp. 47-51). American Marketing Association.
Etzel, M. J., Walker, B. J., & Stanton, W. J. (2007). Marketing (15th ed.). McGraw-Hill.
Grönroos, C. (1994). From marketing mix to relationship marketing: Towards a paradigm shift in marketing. Management Decision, 32(2), 4-20.
Jobber, David., & Fahy, J. (2012). Principles and Practice of Marketing (7th ed.). McGraw-Hill Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2012). Marketing (12th ed.). South-Western Cengage Learning.
McCarthy, E. J. (1964). Basic Marketing, A Managerial Approach. Richard D. Irwin.
Ries, A., & Trout, J. (2001). Positioning: The Battle for Your Mind. McGraw-Hill.
Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. 2016. Research Methods For Business: A Skill Building Approach, 7th Edition.
Schindler, R. M., & Cooper, M. (2011). Business Research Methods (11th ed.). McGraw-Hill Education.
Stanton, W. J. (2007). Fundamentals of Marketing (13th ed.). McGraw-Hill Education.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yin, Robert K. 2018. Case Study Research Design and Methods. SAGE Publications, Inc.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill Education.