PEMANFAATAN KOLOSTRUM SAPI DALAM PEMBUATAN PERMEN KARAMEL SUSU SEBAGAI OLEH-OLEH WISATAWAN LEMBANG

Penulis

  • Sonny Pratama Mandara Akademi Pariwisata NHI Bandung
  • Sara Rabasari Akademi Pariwisata NHI Bandung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cita rasa, perhitungan biaya produksi, informasi gizi dan daya simpan dari Permen Karamel Susu yang menggunakan Kolostrum Sapi dengan Permen Karamel Susu yang terbuat dari susu sapi.yang akan menghasilkan hasil uji organoleptic yang terbaik dan banyak disukai panelis dan juga sebagai penganekaragaman pangan berbahan dasar kolostrum susu sapi dapat meminimalisir nilai loss kolostrum susu sapi yang kebanyakan dibuang dengan cara mengolahnya menjadi permen karamel yang dapat menjadi alternatif oleh-oleh wisatawan Lembang. Metode pengumpulan yang dilakukan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara eksperimen produk, penyebaran kuesioner, observasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan skala hedonik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Panelis Profesional dan Panelis Konsumen lebih menyukai warna, aroma, rasa, dan tekstur dari Permen Karamel Susu Eksperimen, Permen Karamel Susu Eksperimen memiliki kandungan 27,7% karbohidrat, 0,65% lemak, 1,4% protein lebih tinggi dibandingkan Permen Karamel Susu Pembanding. Sedangkan kandungan kalori pada Permen Karamel Susu Pembanding lebih tinggi 0,03% dibandingkan Permen Karamel Susu Eksperimen. Sehingga Permen Karamel Susu Eksperimen baik untuk dikonsumsi sebagai camilan yang bergizi untuk para wisatawan pada saat berwisata di Lembang, ermen Karamel Susu Eksperimen, penulis menghabiskan biaya sebesar Rp. 9.335,- dengan biaya kemasan Rp. 50,-, Permen Karamel Susu Eksperimen dapat bertahan hingga 3 (tiga) minggu dalam suhu ruangan normal dengan menggunakan kemasan tertutup dan di dalam lemari pendingin. Saran yang diberikan untuk pemecahan masalah adalah : 1)Menghadirkan varian rasa lain sehingga menjadi daya tarik para konsumen atau wisatawan; 2) Membuat varian baru dengan mengganti salah satu bahan dalam resep yang digunakan untuk membuat Permen Karamel Susu Eksperimen dengan bahan lainnya seperti menggunakan Gula Stevia dengan harapan dapat memperluas jangkauan pasar dan sehingga menarik minat konsumen yang tidak dapat mengkonsumsi gula; 3) Dilakukan pengembangan penelitian yang lebih lanjut mengenai pemanfaatan Kolostrum Sapi untuk olahan produk lainnya mengingat kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan dengan Susu Sapi sehingga menjadi varian produk baru lainnya; dan 4) Dilakukan penelitian lebih lanjut agar dapat meningkatkan umur simpan produk yang lebih panjang

Referensi

Ayustaningwarno, Fitriyono. 2014. Teknologi Praktis dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Badan Pusat Statistik. 2020. Produksi Susu Perusahaan Sapi Perah 2017-2019. www.bps.go.id, diakses pada tanggal 30 Oktober 2020.

Badan Pusat Statistik. 2020. Produksi Susu Segar Menurut Provinsi (Ton). www.bps.go.id, diakses pada tanggal 30 Oktober 2020.

Chrisna, Wulandai Dewi. 2016. Identifikasi Kesempurnaan Proses Pasteurisasi Ditinjau dari Total Bakteri serta Kandungan Protein dan Laktosa pada Susu Pasteurisasi Kemasan Produksi Pabrik dan Rumah Tangga di Kota Batu. Majalah Kesehatan FK UB, 3(3): 144.

Graha, Chairinniza K. 2010. 100 Question and Answer: Kolesterol. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Hoo, Hendri Holsen. 2010. Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Susu Skim terhadap Viabilitas Bakteri Asam Laktat Yogurt Kolostrum Sapi. Widya Mandala Catholic University Surabaya.

Harris et al. 2014. Penentuan Umur Simpan (Shelf Life) Pundang Seluang (Rasbora sp) yang Dikemas Menggunakan Kemasan Vakum dan Tanpa Vakum. Universitas Diponegoro Semarang, 9(2): 55.

I Made et al. 2019. Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Juhandi, Dani. 2011. Home Industri Susu Caramel. Bdgdekranasda.blogspot.com, diakses pada pada tanggal 30 Oktober 2020.

Kurniadi, Agi Yusup. 2020. Makalah Kimia Organik II Karbohidrat, Protein, dan Lipid. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Kusuma et al. 2017. Pengawasan Mutu Makanan. Malang: Universitas Brawijaya Press.

M. Nafarin. 2009. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Net Lifestyle. 2019. Intip Proses Pembuatan Permen Karamel Susu – Weekend List. www.youtube.com, diakses pada tanggal 30 Oktober 2020.

Rofiah et al. 2014. Kajian Dosis Sukrosa dan Sirup Glukosa Terhadap Kualitas Permen Karamel Susu. Nabatia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 11(1): 60.

Sanam et al. 2014. Ketahanan Susu Kambing Peranakan Ettawah Post-Thawing pada Penyimpanan Lemari Es Ditinjau dari Uji Didih dan Alkohol. Majalah Indonesia Medicus Veterinus, 3(1): 2.

Setyaningsih et al. 2018. Analisis Sensori Untuk Industri Pangan dan Agro. Bogor: IPB Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhaimi, Ahmad. 2019. Pangan, Gizi, dan Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Sunarya et al. 2007. Mudah dan Aktif Belajar Kimia untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: PT. Setia Purn Inves.

Uli Lutfi, A’Yuni. 2012. Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Memilih Ekstrakulikuler Bola Voli di MTs Negeri Majenang. Universitas Negeri Yogyakarta.

Utami et al. 2014. Kajian Kualitas Susu Sapi Perah PFH (Studi Kasus pada Anggota Koperasi Agro Niaga di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang). Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan UB, 24(2): 58-66.

Untari, Dhian Tyas. 2018. Metodologi Penelitian : Penelitian Kontemporer Bidang Ekonomi dan Bisnis. Banyumas: CV. Pena Persada.

Wahono et al. 2010. Siap Menghadapi Ujian Nasional SMP/MTs 2010. Jakarta: Grasindo.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-22

Cara Mengutip

Mandara, S. P., & Rabasari, S. (2021). PEMANFAATAN KOLOSTRUM SAPI DALAM PEMBUATAN PERMEN KARAMEL SUSU SEBAGAI OLEH-OLEH WISATAWAN LEMBANG. JURNAL PARIWISATA VOKASI, 2(1), 18–33. Diambil dari https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/10